Cegah DBD, Jumantik keliling

PEMDES NGLINGGIS_Dian Maa 02 Juni 2020 20:22:33 WIB

Juru Pemantau Jentik (Jumantik) adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya. Mereka bekerja sama dengan pemerintah desa dan puskesmas setempat. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin. Jumantik berperan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapaan masyarakat menghadapi demam berdarah dengue (DBD). Peningkatan kapasitas bagi para jumantik memampukan mereka untuk menyebarkan informasi yang tepat dan benar tentang penanggulangan DBD.

Jumantik berperan sebagai agen perubahan dengan mengubah perilaku penghuni rumah ke arah yang lebih sehat dan bersih. Setidaknya dengan mengawal gerakan 3M+ yakni mengubur, menguras, serta menutup sumber-sumber tumbuh kembangnya jentik nyamuk aedes aegepty.

Seperti yang dilakukan Kader Jumantik di pertengahan bulan Maret 2020 di Desa Nglinggis, mereka berkeliling dari rumah ke rumah dan memeriksa bak mandi, tandon air, sumur terbuka, vas bunga, tampungan air di dispenser atau kulkas warga desa Nglinggis. Selain memeriksa, kader jumantik juga memberikan obat untuk pemberantasan sarang nyamuk.

 

 

Komentar atas Cegah DBD, Jumantik keliling

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Nglinggis

tampilkan dalam peta lebih besar